tips-backpacker-pemula

8 Tips Perjalanan Backpacker Pemula

Suka jalan-jalan? Ingin merasakan petualangan hingga ke pelosok? dan menghemat pengeluaran liburan kamu? Ini dia solusinya! Tips perjalan Backpacker pemula

8 Tips Perjalanan Backpacker Pemula

Apakah kamu ingin mencoba berlibur dengan gaya backpacker sejak lama namun bingung harus mulai dari mana? Jangan sampai kamu langsung nekad untuk liburan dengan cara backpacker tanpa mengetahui 8 hal penting mengenai liburan ala backpacker. Apa saja 8 hal penting yang harus kamu ketahui saat liburan ala backpacker? Simak 8 tips liburan ala backpacker pemula yang patut kamu coba!

1. Referensi Perjalanan

tips-backpacker-pemula-referensi-perjalanan
Sumber: Instagram

Saat merencanakan liburan jangan lupa untuk mencari referensi perjalan treveler sebelumnya di internet atau teman, Mencari referensi akan sangat penting karena kamu akan punya gambaran dipikiranmu mengenai tempat yang akan di kunjungi dari foto, video atau cerita supaya memudahkan kamu ketika melakukan perjalanan nanti.

2. Itinerary Liburan Backpacker

tips-backpaker-pemula-itinenrary-liburan
Sumber: Instagram

Kata sebuah kata bijak, gagal dalam merencanakan sesuatu berarti kita sedang merencanakan perjalanan. Hal yang sama juga berlaku pada traveling. Karena itulah itinerary berperan penting bagi backpacker, terutama bagi pemula. Kamu nggak mau perjalananmu kacau karena nggak tau apa-apa kan? Dalam perjalanan itu lumrah jika terjadi kejadian tidak terduga. Nah, si itinerary ini akan membantumu mengurangi masalah-masalah tak terduga tersebut.

Itinerary merupakan bagian penting dalam perjalan yang didalamnya berisi rencana perjalan kamu, pada umumnya itinerary berisi tempat tujuan, jadwal perjalanan dan budget yang perlu kamu siapakan.

Baca Juga: Yuk! Liburan di Rumah dengan Liburan Virtual

3. Bawa Seperlunya

tips-backpaker-pemula-bawa-seperlunya
Sumber: Instagram

Usahakan membawa barang seperlunya dalam satu ransel saja dan tas slempang kecil untuk membawa barang barang yang sering kamu keluarkan. Semakin banyak barang yang kamu bawa, selain berat, berarti semakin banyak pula barang yang harus kamu jaga. Kamu nggak mau kan nanti ada barang-barangmu yang tertinggal atau bahkan kecopetan?

Pilihlah sepatu atau pakaian yang tak perlu perawatan khusus. Selain itu buatlah pula daftar barang-barang yang kamu bawa agar kamu tahu kalau ada barang yang hilang ataupun tertinggal.

4. Transportasi Umum bagi Backpacker

tips-backpaker-pemula-transportasi-umum
Sumber: Instagram

Mengguankan transportasi umum akan menghemat pengeluaran kamu, jika jarak tujuan tidak jauh cobalah berjalan kaki dan menikmati susana tempat yang kamu datangi. Hindari penggunaan taksi. Menggunakan transportasi umum seperti bus, jauh lebih murah dan kamu bisa berinteraksi dengan orang lain.

5. Belanja Seperlunya

tips-backpaker-pemula-belanja-seperlunya
Sumber: Instagram

Memang datang ke tempat yang baru itu sangat menyenangkan. Semuanya pasti ingin kamu kunjungi. Ingin pergi kesana, ingin membeli itu, mau foto disana. Banyak lho kejadian orang yang tiba-tiba kalap dan lupa dengan itinerary yang mereka buat. Nanti kamu bisa kehilangan waktu dan uang. Padahal itu adalah dua hal yang paling krusial dari setiap perjalanan.

Disiplin untuk diri sendiri sangat penting untuk menahan diri ketika liburan ke tempat yang baru, usahakan membeli seperlunya dan pastikan ada tempat untuk menyimpan belanjaan di ransel.

6. Berbaur Dengan Sekitar

tips-backpaker-pemula-berbaur-dengan-sekitar
Sumber: Instagram

Cobalah untuk akrab dengan penduduk setempat, bagikan senyum kepada mereka. tidak jarang, dari obrolan ringan dengan mereka kamu akan diberikan info tempat wisata yang lebih bagus atau toko oleh-oleh yang murah.

7. Destinasi Ramah Wisatawan

tips-backpaker-pemula-destiinasi-ramah-wisatawan
Sumber: Instagram

Pilihlah tempat-tempat yang relatif aman terhadap wisatawan untuk mengurangi resiko masalah yang datang, referensi perjalan dari internet, teman dan kerabat akan membantu kamu mengetahui wisata ramah wisatawan.

8. Tiket Promo

tips-backpaker-pemula-tiket-promo
Sumber: Instagram

Biaya paling tinggi buat backpacker-an ada di transport dan penginapan, tidak ada salahnya berburu tiket promo perjalanan biar pengeluaran kamu semakin kecil. Persiapkan dengan baik fisik dan pastikan devide kamu juga mumpuni ketika promo datang karena yang memburu tiket promo akan banyak dan cepat habis, biasanya yang sering mengadakan tiket promo perjalan dari travel perjalan, bank dan maskapai penerbangan. Jangan lupa membaca cara dana syarat ketetuan promo tiketnya ya.

Sekian dulu tujuan tips perjalanan untuk backpacker pemula, semoga bisa membantu kamu menentukan tujuan liburan kamu ya, Selamat liburan!

Baca Juga: 5 Tujuan Liburan Murah di Indonesia untuk Meredakan Stress

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *