7-makanan-khas-papua-yang-wajib-dicoba

7 Makanan Khas Papua Yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Papua jarang terdengar diluar sana karena Papua lebih dikenal dengan kekayaan dan pesona alamnya. Tetapi, kalau berbicara lebih tentang makanan khas , Papua sendiri memiliki makanan khas sendiri layaknya di daerah lainnya yang ada di Indonesia. Tujuan Liburan sudah merangkum makanan khas Papua yang wajib dicoba untuk wisatawan dan teman tujuan dibawah ini.

7 Makanan Khas Papua Yang Wajib Dicoba

1. Papeda

Dengan berbahan dasar Sagu sehingga Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi. Papeda merupakan salah satu makanan pokok yang sering dikonsumsi masyarakat Papua. Cara makannya adalah dengan digulung menggunakan gata-gata (alat yang terbuat dari bambu) atau bisa juga menggunakan kedua sendok atau garpu kemudian diletakkan ke dalam piring. Biasanya papeda dimakan dengan menggunakan ikan Kuah Bumbu Kuning dan sayur. Wajib dicoba nih teman tujuan.

makanan-khas-papua-papeda
photo by instagram

2. Kue Lontar

Nama kue lontar sendiri diketahui berasal dari bahasa Belanda londart. Arti dari londart sendiri adalah kue yang berbentuk bulat. Kue lontar sendiri mirip seperti kue pie susu yang terkenal dari pulau Bali. Kue lontar dibuat dari bahan dasar telur yang kemudian dicetak menggunakan piring keramik. Kue lontar dibuat dengan cetakan yang besar sehingga ukuran kue yang dihasilkan juga besar. Buat yang suka dengan manis-manis kue lontar sangat wajib untuk dicoba soal rasa ga perlu diragukan lagi ya teman tujuan.

makanan-khas-papua-kue-lontar
photo by instagram

3. Ulat Sagu

Ulat sagu merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Papua. Ulat sagu berasal dari pohon sagu dan pohon kelapa yang telah mati dan membusuk. Masyarakat Papua biasa mengkonsumsi ulat sagu karena Ulat sagu juga memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, ulat sagu memiliki kandungan asam oleat, omega 3, omega 6, omega 9 dan protein. Selain dimakan mentah, ulat sagu juga dapat dijadikan sate yang sangat enak. Makanan ini dapat meningkatkan energi dengan kadar kolesterol yang rendah. Konon katanya, cita rasa sate ulat sagu ini terasa manis dan asin. Penasaran dengan rasanya? Bisa dicobain jika berkunjung ke Papua temna tujuan.

makanan-khas-papua-ulat-sagu
photo by instagram

4. Sagu Lempeng

Sagu lempeng berarti olahan sagu yang berbentuk lempengan-lempengan. Biasanya masyarakt menikmati sagu lempeng dengan teh atau kopi. Selain di Papua dan Papua Barat, sagu lempeng dapat ditemukan juga di provinsi lain yaitu Maluku, Riau, dan Kalimantan. Makanan ini memiliki proses memasak yang cukup mudah seperti roti basah berbahan dasar sagu. Kue ini memiliki tekstur yang keras dengan cita rasa yang tawar. Namun, seiring berkembangnya zaman, masyarakat setempat menambahkan rasa manis menggunakan gula pada kue ini.

makanan-khas-papua-sagu-lempeng
photo by instagram

5. Sarang Semut

Rasanya yang pahit memiliki khasiat yang baik untuk mengobati berbagai macam penyakit untuk tubuh. Namun Sarang Semut ini bisa dijadikan menjadi makanan, berbentuk kue. Khasiatnya pun sama saja seperti obat sarang semut pada biasanya. Kue sarang semut sendiri memiliki cita rasa manis ditambah dengan rasa khas rempah kayu manis dan cengkeh. Hal ini yang menjadikan kue sarang semut menjadi khas karena rasanya yang unik.

photo by instagram

6. Keripik Keladi

Keripik Keladi atau bahasa Indonesianya Keripik Ubi Talas adalah keripik khas yang dibuat di Papua dengan campuran Ubi Talas atau biasa disebut Keladi dengan bumbu-bumbu sederhana seperti bawang putih, garam, cabe rawit, dan kemudian digoreng. Keladi ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, dan seringkali juga digunakan untuk makanan pokok. Keripik Keladi merupakan oleh-oleh yang paling dinikmati di kota sorong, dan hampir setiap toko memiliki keripik ini. Salah satu merek keripik keladi yang paling terkenal adalah keripik keladi sayo yang diproduksi di Sorong.

photo by kumparan.com

7. Roti Abon Gulung

Roti Abon Gulung pada dasarnya adalah roti yang berisi abon. Menjadi salah satu oleh-oleh favorit wisatawan setelah berkunjung ke Papua, roti abon gulung dari Timur Indonesia ini sudah lumayan terkenal dengan popularitasnya. Roti Abon Gulung ini, tidak seperti roti gulung biasanya. Bisa dilihat dari ukurannya yang cukup besar, dan abon yang ada didalamnya sangat banyak. Dijual dengan variasi rasa dari rasa coklat, keju dan original. Roti abon gulung ini wajib dicoba ya teman tujuan pasti penasaran dengan rasanya.

photo by instagram

Setelah melihat rekomendasi tujuan liburan di atas, bisa dibilang Papua merupakan salah satu paket lengkap untuk dikunjungi dengan kuliner yang khas dan tempat wisata yang pastinya sangat mempesona. Jadi, kapan pengen cobain makanan khas Papua di atas teman tujuan?

Baca juga : 4 Tempat Wisata Di Papua Yang Wajib Dikunjungi

Dapatkan info terbaru dari Tujuan Liburan !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *