bali-feature-br.jpg

5 Tempat Ibadah Unik di Indonesia sebagai Wisata Religi

Masyarakat Indonesia memang dikenal religius, tak heran jika rumah ibadah berbagai keyakinan mudah ditemukan di berbagai tempat. Siapa sangka selain untuk beribadah, cukup banyak tempat ibadah unik yang juga cocok sebagai destinasi wisata. Daya tarik tempat ibadah yang sekaligus dapat dijadikan tujuan wisata biasanya pada bentuk bangunannya yang unik atau sejarah didirikannya. Nilai dari sejarah sangat melekat pada bangunan-bangunan yang memiliki karakteristik unik dan berbeda dari tempat ibadah biasanya. Melihat bangunan tersebut rasanya seperti bisa merasakan keindahan atau keanehan di masa lalu dan bernostalgia. Bangunan tersebut juga layak dijadikan foto bersejarah yang bisa teman tujuan simpan sebagai kenangan liburan. Jalan-jalan dan berdoa bersama orang-orang tercintah merupakan nikmat yang nyata, guys. Nah, yuk di cek guys tempat ibadah unik di Indonesia sebagai wisata religi rekomendasi dari kita.

1. Masjid Apung Kendari

Saat air laut tengah pasang, teman tujuan akan melihat Masjid Al-Alam ini seolah tengah mengapung. Rumah ibadah ini memang dibangun di Teluk Kendari dan baru diresmikan pada tahun 2018 lalu, walaupun pembangunannya dimulai sejak tahun 2010. Selain keunikan arsitekturnya obyek wisata religi ini juga menyuguhkan panorama laut yang indah. Teman tujuan bisa menyaksikan kapal berbagai ukuran melintas hilir mudik saat berada dalam bangunan masjid. Sementara hamparan hutan bakau nan asri akan menyambut teman tujuan mulai pintu gerbang hingga sepanjang jalan menuju ke masjid.

Baca juga : 5 Menu Berbuka yang Menjadi Ciri Khas Orang Indonesia

2. Gereja Palasari

Bangunan tempat ibadah ini sekilas memang tampak seperti Pura. Apalagi di pintu gerbangnya juga dilengkapi gapura yang biasanya terdapat di rumah tradisional Bali atau Pura. Gereja Palasari memang sengaja dibangun dengan memadukan ciri khas arsitektur Eropa dan Bali. Hasilnya tentu saja tampilan bangunan yang unik dan memiliki daya tarik wisata. Gereja Katolik yang terletak di Desa Palasari, Kabupaten Jembrana, Bali ini dibangun pada tahun 1947 oleh Pater Simon Buis SVD. Seorang Imam Belanda yang mendirikan komunitas Katolik di Bali.

3. Klenteng Sanggar Agung

Klenteng ini dibangun menghadap ke laut Pantai Ria Kenjeran Surabaya. Selain menyuguhkan pemandangan pantai yang indah, di sini teman tujuan juga bisa melihat Patung raksasa Dewi Kwan Im setinggi 20 meter. Kalau sudah puas menikmati kemegahan klenteng dan pantai Kenjeran jangan beranjak pulang dulu. Di malam hari teman tujuan bisa menyaksikan cantiknya jembatan Suramadu yang berhiaskan lampu berkelap-kelip.

4. Patung Buddha Tidur

Ada tempat ibadah yang terkenal di Indonesia karena memiliki patung Buddha nomor tiga terbesar di dunia setelah Nepal dan Thailand. Patung Buddha Tidur atau Rupang Sleeping Buddha ini panjangnya mencapai 22 m, lebar 6 m, dan tinggi 4,5 m. Kalau ingin melihat dari dekat patung Budha itu, teman tujuan bisa berkunjung ke Maha Vihara Mojopahit, Trowulan Mojokerto. Jadi tak perlu jauh-jauh traveling ke mancanegara, bukan?

5. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Tempat beribadah yang ada di Indonesia dan dapat menjadi destinasi liburanmu berikutnya adalah pura yang terletak di kaki Gunung Salak. Setelah Pura Besakih di Bali, inilah pura terbesar kedua di Tanah Air. Selain menawarkan panorama pegunungan Salak yang hijau dan segar, tempat ibadah ini menyimpan legenda yang masih dipercaya masyarakat setempat. Konon di lokasi inilah dulu terdapat Kerajaan Pakuan Pajajaran Sunda. Tempat dimana Prabu Siliwangi dan orang-orang kepercayaannya moksa.

Demikian tujuan info rekomendasi tempat ibadah unik di Indonesia sebagai wisata religi yang bisa teman tujuan kunjungin dari Tujuan Liburan. Terima kasih 🙂

Baca juga : 5 Tujuan Liburan Murah di Indonesia untuk Meredakan Stress

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *