Fame-Hotel-feature.jpg

5 Menu Berbuka Puasa Yang Menjadi Ciri Khas Orang Indonesia

Apa sih yang membuat bulan Ramadhan jadi mengesankan? Selain aktivitas spiritualnya, kebanyakan orang pasti menjawab kuliner khasnya. Bagi masyarakat Indonesia momen Ramadhan memang istimewa sehingga perlu disambut dengan sukacita termasuk menyiapkan menu berbuka khas Indonesia yang nikmat. Ada banyak sekali pilihan menu Ramadhan untuk buka puasa mengingat Tanah Air kita mempunyai kekayaan kuliner yang luar biasa. Teman Tujuan bisa membeli berbagai hidangan ini mulai dari warung kaki lima sampai restoran mewah, atau memasaknya sendiri. Yang terpenting jangan lupa nikmati makanan ini bersama orang-orang tercintah ya, guys. Nah, yuk di cek guys menu berbuka puasa ciri khas Indonesia rekomendasi dari tujuan liburan.

1. Kolak

menu-berbuka-puasa-kolak-baru
www.doyanresep.com/resep-kolak-pisang

Kolak dikenal hampir di seluruh wilayah Tanah Air dan cukup mudah ditemukan walaupun di luar bulan puasa. Penganan dengan kuah santan dicampur gula merah dan aneka isian ini cara mengolahnya pun lumayan simple. 

Jenis kolak yang paling umum ditemukan adalah kolak pisang, ubi, dan singkong, atau bisa juga mencampurkan semuanya. Selain itu Teman Tujuan juga bisa menggunakan isian labu kuning, kolang-kaling, atau bahan apa pun yang disukai.

2. Kurma

menu-berbuka-puasa-kurma
www.dream.co.id/lifestyle

Kurang lengkap rasanya kalau tidak ada menu berbuka puasa yang satu ini saat bulan Ramadhan. Walaupun bukan tumbuhan asli Indonesia stok buah kurma umumnya akan meningkat di berbagai toko makanan saat momen puasa.  Jenis kurma sangat beragam, misalnya kurma Ajwa, Khudri, Hababuk, Tamr, Ruthob, dan lain-lain. Setiap varian mempunyai tingkat kemanisan dan tekstur yang berbeda-beda.  Buah ini pas dikonsumsi pertama kali saat berbuka puasa karena memiliki kandungan gula buah dan kalori sebagai pengganti energi setelah puasa.

Baca juga : 5 Tempat Ibadah Unik di Indonesia sebagai Wisata Religi

3. Gorengan

menu-berbuka-puasa-gorengan
www.pantau.com

Gorengan boleh dibilang cemilan buka puasa sejuta umat, karena orang Indonesia senang mengolah makanan dengan minyak yang banyak. Tempe mendoan, tahu isi, pisang goreng, dan bakwan adalah jenis gorengan yang paling gampang dijumpai di berbagai tempat.

Baca juga : 5 Tempat Makan Ciri Khas Bali yang Patut Dikunjungi

4. Bubur Candil dan Biji Salak

menu-berbuka-puasa-bubur-candil
www.foodizz.id/blog

Bubur candil dan biji salak mempunyai tampilan yang hampir sama, yaitu berbentuk bola-bola berwarna coklat dan kuah santan kental yang gurih. Walaupun begitu, bahan pembuat kedua hidangan tersebut berbeda, lho.  Candil dibuat dari tepung beras ketan, sementara biji salak dari campuran ubi jalar dan tepung tapioka. Bubur candil juga sering diberi tambahan bubur sumsum yang gurih untuk memperkaya citarasa.

5. Es Pisang Ijo

es-pisang-ijo.jpg
id.tastemade.com

Makanan bulan puasa asal Makassar, Sulawesi Selatan ini semakin akrab di berbagai wilayah Indonesia. Mungkin ini karena tampilannya yang mirip kolak sehingga citarasanya tak terlalu asing bagi banyak orang. Pisang ijo adalah pisang raja yang dibalut adonan tepung dengan pewarna hijau lalu dikukus hingga matang. Cara menghidangkannya adalah dengan disiram krim bubur sumsum dan sirup pandan, terakhir tambahkan es serut dan kental manis. Pisang Ijo Sangat cocok untuk menghilangkan dahaga setelah berpuasa seharian.

Demikian tujuan info memberikan beberapa rekomendasi menu berbuka ciri khas Indonesia untuk teman tujuan. Selamat mencoba !

Baca juga : 8 Tips Perjalanan Backpacker Pemula

Dapatkan info terbaru dari Tujuan Liburan !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *