sei-sapi-feature.jpg

5 Makanan Khas Nusa Tenggara Timur yang Menggiurkan

Panorama alamnya yang menakjubkan membuat Provinsi Nusa Tenggara Timur sering dijuluki The Next Bali. Padahal selain wisata, makanan khas kuliner tradisional NTT juga luar biasa, lho. Kalau teman tujuan mengaku penghobi wisata kuliner, wajib banget mencoba makanan khas Nusa Tenggara Timur yang kaya rasa ini. Kalau berkesempatan traveling ke NTT lupakan dulu diet kamu. Rugi besar kalau tidak mencicipi kuliner khas nya yang nikmat dan jarang ada di wilayah-wilayah lain selain langsung dari provinsi ini. Inilah rekomendasi dari tujuan liburan tentang makanan khas Nusa Tenggara Timur bercita rasa lezat untuk teman tujuan penghobi wisata kuliner.

1. Catemak Jagung

Makanan khas Nusa Tenggara Timur Catemak Jagung adalah hidangan penutup yang disajikan usai bersantap besar. Bubur jagung ini dibuat dari campuran jagung, labu, dan kacang hijau dan diolah dengan bumbu-bumbu tradisional yang kaya. Teman tujuan mungkin juga akan menemukan Catemak dengan tambahan bunga pepaya dan ubi. Sehat banget, kan? Selain Catemak sebenarnya cukup banyak hidangan lain yang berbahan dasar jagung. Ini karena tanaman tersebut salah satu makanan pokok yang penting bagi masyarakat.

2. Ubi Nuabosi

Ubi NTT konon berbeda dengan ubi yang dihasilkan oleh daerah lain, yaitu bertekstur lebih lembut, harum dan rasanya lebih manis. Masyarakat Kupang tak jarang mengkonsumsi ubi sebagai pengganti nasi. Ubi Nuabosi biasanya disantap bersama sambal goreng plus ikan asin. Manisnya ubi berpadu dengan ikan asin yang gurih plus sambal tradisional yang lezat tentu menghadirkan pengalaman wisata kuliner yang unik. Jadi, jangan sampai terlewatkan yaa…

baca juga: bikin kangen ini 3 kuliner enak di solo

3. Se’i

Se’i adalah daging asap yang diolah dengan cara khas ala masyarakat NTT. Se’i umumnya dibuat dari daging sapi atau babi, serta ikan, tetapi hanya di beberapa daerah tertentu. Sebelum diasap, daging diiris tipis-tipis memanjang kemudian ditaburi garam. Se’i diolah dengan cara dikeringkan, yaitu digantung pada tempat khusus selama beberapa waktu. Setelah kering daging kemudian diasapi dengan kayu bakar sampai matang. Se’i paling lezat disantap dengan tumis tauge atau bunga pepaya.

4. Kue Cucur

Kue cucur bisa dibilang makanan ringan khas Nusa Tenggara paling populer dan pastinya beda dengan kue cucur dari daerah lain. Masyarakat NTT membuat kue cucur dari bahan tepung beras, gula merah atau gula lempeng, dan daun pandan sebagai penambah aroma. Di NTT, kue manis berwarna coklat ini biasanya jadi teman menikmati secangkir kopi hangat di pagi hari. Kue cucur NTT juga sering dibeli oleh wisatawan untuk dijadikan buah tangan.

baca juga: 7 makanan khas papua yang wajib dicoba

5. Muku Loto

Kalau teman tujuan cukup bernyali untuk mencoba hidangan yang unik, Muku Loto NTT bisa jadi pilihan. Makanan ini banyak ditemukan di kawasan Nagekeo dan konon salah satu kuliner tertua di NTT. Muku loto artinya pisang yang sudah hancur sebagaimana tampilan kuliner unik ini. Cara membuatnya, pisang muda dikupas dan dipotong-potong lalu direbus dengan daging babi atau jeroan sapi. Terakhir ditambahkan bumbu-bumbu dan diaduk hingga tercampur rata.

Selain hidangan, minuman khas Nusa Tenggara Timur juga tak kalah unik, yaitu semacam arak tradisional yang disebut sopi atau moke. Tidak direkomendasikan kalau kamu tak terbiasa mengkonsumsi minuman beralkohol, ya!!

Demikian beberapa rekomendasi makanan khas di Nusa Tenggara Timur yang bisa teman tujuan kunjungin dari Tujuan Liburan. Terima kasih 🙂

Baca juga : 5 Tempat Makan saat Berlibur di Nusa Tenggara Timur

Dapatkan info terbaru dari Tujuan Liburan !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *