wisata-papua

4 Tempat Wisata di Papua Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Papua yang sering terdengar adalah Raja Ampat namun siapa sangka Papua merupakan surga yang tersembunyi di ujung nusantara, Papua menyimpan ragam keindahan alam yang mempesona, baik yang terletak di darat maupun di laut. Terbatasnya akses menyebabkan beberapa tempat wisata di Papua masih sangat terjaga dan alami, berikut 4 tempat wisata Papua yang wajib kamu kunjungi dan nikmati keindahan alamnya.

4 Tempat Wisata di Papua Yang Wajib Dikunjungi

1. Kepulauan Raja Ampat, Sorong

Raja Ampat mungkin tidak terdengar asing lagi ya buat kamu, Raja Ampat di kenal sebagai wisata bahari dunia. Nama Raja Ampat sendiri diambil dari sebuah legenda yang berarti Empat Raja. Legenda ini bercerita tentang seorang perempuan yang menemukan tujuh telur dan di antaranya menetas dan dipercaya menjadi Raja di keempat pulau tersebut. Bagi kamu penggemar keindahan bawah laut, Raja Ampat menjadi tempat wisata di Papua yang wajib untuk masuk ke dalam list traveling kamu! Luas wilayahnya yang meliputi 9,8 juta acre meliputi daratan dan lautan menjadi rumah bagi 540 jenis terumbu karang. Selain menawarkan keindahan alamnya, Raja Ampat juga menawarkan keramahan warga Papua. Di desa wisata Arborek , kamu bisa bermalam di beberapa homestay dan menikmati kehidupan sehari-hari warga lokal dengan tradisi unik mereka. Dengan segala keindahannya, Raja Ampat menjadi salah satu tempat wisata yang sangat berbeda dan wajib kamu kunjungi sembari menikmati pesona surga bumi di Indonesia bagian timur ini.

wisata-papua-raja-ampat
photo by unsplash

2. Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua Barat.

Selain Raja Ampat, Papua memiliki tempat wisata yang tak kalah indahnya yaitu Taman Nasinal Teluk Cendrawasih atau biasa disingkat menjadi TNTC yang berada di dua wilayah Kabupaten yaitu Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Nabire. Panorama terumbu karang yang eksotis, keberagaman ikan-ikan kecil serta beberapa spesies ikan lainnya membentuk sebuah pemandangan yang sayang untuk di lewatkan. TNTC memiliki beberapa ekosistem seperti terumbu karang, pantai, mangrove, hutan tropika serta pulau-pulau gugusannya. TNTC terkenal 209 spesies ikan diantaranya adalah, ikan kupu-kupu, damselfish, parrotfish dan tentu saja whaleshark. Selain keindahan bawah laut, TNTC juga menyajikan juga memiliki pulau-pulau berjajar dan Teman Tujuan akan disuguhkan dengan goa-goa cantik yang cukup unik dengan adanya sumber air panas yang mengandung belerang tanpa garam. Goa ini merupakan peninggalan dari zaman purba sebagai peninggalan sejarah kerangka leluhur etnik wandau. Sejarah mencatat bahwa leluhur ini adalah orang pertama yang datang ke pulau ini. Selain itu, TNTC juga dinobatkan sebagai tempat menyelam terbaik di Nusantara. Menarik bukan? selain pesona dan keindahannya, tempat ini juga memiliki banyak cerita sejarah yang bisa menambah pengalaman liburan kamu!

wisata-papua-teluk-cenderawasih
photo by instagram

3. Lembah Baliem, Wamena, Papua.

Lembah Baliem merupakan kawasan yang ditemukan secara tidak sengaja oleh segerombolan orang yang melakukan ekspedisi pada tahun 1983. Lembah baliem memiliki panjang 72 km dan lebar 15 km sampai 31 km. Lembah ini merupakan tempat tinggal Suku Dani. Akses menuju Lembah Baliem dapat ditempuh dengan melakukan penerbangan ke kota wamena. Dari Wamena, kamu dapat menyewa mobil atau perjalanan dengan bis umum. Di Lembah Baliem, setiap tahunnya diadakan Festival Baliem, lebih dari seribu orang datang untuk melihat “perang bohongan” yang diselenggarakan oleh Suku Dani dan suku-suku di sekitarnya. Saat berkunjung ke Lembah Baliem, kamu dapat membeli kerajinan hasil karya dari Suku Dani, souvenir tersebut berupa pisau batu, Sekan atau gelang rotan, Noken atau tas yang terbuat dari serat kulit kayu, kalung dan gelang serta Jogal atau rok rumput Papua.

wisata-papua-lembah-baliem
photo by instagram

Baca Juga : Makanan Khas Papua Yang Wajib Dicoba

4. Danau Sentani, Jayapura, Papua.

Saat terbang di atas Kota Jayapura akan tampak sebuah danau luas dengan bukit cantik di sekitarnya, danau tersebut merupakan Danau Sentani yang tak hanya dijadikan sebagai sumber mata air melainkan sebagai tempat wisata di Jayapura. Menjadi salah satu wisata yang paling terkenal di Jayapura, pesona Danau Sentani tak kalah dengan wisata lainnya di ibukota Papua tersebut. Danau ini memiliki 22 pulau yang tersebar di sekitaran pulau sehingga tak kalah cantik dengan Raja Ampat. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Danau Sentani ini adalah bulan Juni, dikarenakan Festival Danau Sentani digelar setiap bulan Juni. Festival Danau Sentani diisi dengan tarian-tarian adat di atas perahu, upacara adat, dan berbagai sajian kuliner khas Papua. Selain itu, gundukan-gundukan di perbukitan hijau di sekitar Danu Sentani mirip dengan bukit Teletubbies, kamu dapat menikmati barisan bukit bergelombang nan hijau di sekitar Danau Sentani, pemandangan menakjubkan ini sangat sayang untuk dilewatkan. Jika kamu berada di luar Provinsi Papua dan ingin berkunjung ke Danau Sentani, lokasinya berada di bawah lereng pegunungan Cycloop. Jaraknya sendiri dari pusat Kota Jayapuran kurang lebih 50 kilometer, namun apabila kamu berangkat dari Bandara maka hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja. Kamu bisa menyewa kendaraan untuk mempermudahkan perjalanan kamu ya!

wisata-papua-danau-sentani
photo by instagram

Setelah melihat sekilas rekomendasi wisata Papua dari tujuan liburan diatas pastinya semakin berminat mengunjungi surga wisata yang ada di Indonesia Timur ini. Yuk rencanain kapan mau kesini teman tujuan. Ditunggu rekomendasi wisata lainnya yaa…

Baca juga : 5 Wisata di Maluku Ini Pesonanya Tidak Kalah Dengan di Luar Negeri

Dapatkan info terbaru dari Tujuan Liburan !

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *